Makanan Khas Vietnam



1    1.  Pho 
      
    Makanan sejenis mie dari tepung beras ini diolah menggunakan kuah berkaldu yang dilengkapi dengan irisan daging dan sayuran di atasnya. Jenis-jenis kuah kaldu yang tersedia antara lain adalah kuah kaldu daging sapi, ayam, babi, dan juga seafood. Orang Vietnam sangat menyukai daun mint sehingga hampir di setiap masakan daun mint selalu ditambahkan di dalamnya. Pho berkuah kaldu yang gurih menjadi segar dengan paduan daun selada, kol, tauge, dan tentu saja daun mint.
 

2    2. Goi Cuon

Goi cuon adalah semacam lumpia dengan kulit transparan (rice paper) yang terbuat dari tepung beras. Bentuknya seperti lumpia basah yang isinya beraneka macam seperti udang, daging ayam, daging babi, serta aneka macam sayuran. Daun mint juga ditambahkan dalam isian lumpia ini. Goi Cuon biasanya dicocol bersama saus ikan

3   3. Banh Xeo

Banh xeo yang menyerupai crepe ini memiliki tekstur renyah yang diisi dengan daging babi, udang, dan kecambah. Dalam penyajiannya, disertakan pula beberapa lembar lalapan daun untuk menambah cita rasa banh xeo tersebut.

  4. Banh Mi

Pengaruh Perancis juga ikut mempengaruhi kuliner Vietnam. Banh mi adalah salah satunya. Banh mi merupakan sejenis roti sandwich ala Vietnam atau biasa disebut juga dengan Vietnamese Sandwich. Sandwich yang satu ini terbuat dari baguette yang diisi dengan keju, ham, sayuran asin, telur goreng, dan saus cabai.



  5. Ga Nuong

Makanan ini bisa disebut sebagai spicy chicken ala Vietnam. Sayap, paha, dan kaki ayam diolesi dengan madu kemudian dipanggang lalu disajikan dalam satu piring.


  6. Nom Hoa Chuoi

Makanan ini merupakan salad khas Vietnam. Bahan utamanya adalah bunga pisang. Selain itu, dalam nom hoa chuoi ditambahkan pula potongan pepaya hijau, wortel, dan ayam. Setelah itu, salad Vietnam ini dituangi saus ikan dan juga taburan kacang.

 
7. Gat Gu Cake

Gat Gu terlihat seperti pancake yang digulung. Sebelum dibuat menjadi tepung, beras terlebih dahulu direndam selama semalam. Tepung beras selanjutnya dibuat menjadi adonan cair dengan tambahan kecap ikan yang dikukus bersama lemak ayam, bawang putih, serta lada. Terkadang ada juga yang menambahkan cabai. Selain menggunakan tepung beras, adonan Gat Gu Cake juga ditambahkan nasi dingin. Tambahan tersebut dipercaya dapat membuat kue Gat Gu menjadi lebih nikmat. Adonan kue lalu dituang dalam cetakan dan digulung menggunakan tongkat bambu. Setelah matang, kue tersebut berwarna putih dengan tektur lunak mirip daging angsa.




8. Balut

Makanan khas Vietnam ini sebenarnya adalah telur bebek. Tapi, di dalam telur ini sudah ada embrio bebek yang hampir menetas. Begitu dibuka, di dalamnya akan terlihat embrio yang sudah menyerupai anak bebek. Jadi, ada paruh, mata, sayap, ceker, bahkan terkadang sudah ada bulu-bulu lembutnya. Hm, rasanya nggak tega ya, makan makanan satu ini. 

Share on Google Plus

About Tiffany D

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar