Makanan Khas Singapura

1. Chilli Crab

Sesuai dengan namanya, bahan dasar dari makanan ini adapat kepiting. Kepiting ditumis bersama dengan bumbu seperti cabai merah, cabai rawit, saus tomat, dan bawang putih.



2. Pepper Crab

Selain Chilli Crab, ada lagi hidangan berbahan dasar kepiting yang banyak digemari yakni pepper crab. Kepiting dimasak dengan bumbu dan ditambah dengan banyak lada sehingga menimbulkan sensasi pedas dan nikmat saat disantap.


3. Nasi Ayam Hainan

Makanan khas Singapura ini sebenarnya berasal dari Hainan, Tiongkok. Namun masakan ini telah identik dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand. Makanan ini berupa nasi yang diolah dengan kaldu ayam dan dihidangkan bersama dengan ayam panggang atau ayam rebus lengkap dengan kuah dan sambal.


4. Laksa

Ini merupakan hidangan semacam mie yang menggunakan bumbu perpaduan antara Melayu dan Tionghoa. Laksa yang terkenal di Singapura adalah Laksa Katong yang berasal dari daerah Katong, Singapura.


5. Curry Fish Head

Makanan ini sebenarnya juga dapat dijumpai di Indonesia yang dikenal dengan gulai kepala ikan. Bahan dasar masakan ini adalah kepala ikan yang dibumbui dengan bumbu khas India dan China. Makanan ini biasa disajikan bersama dengan roti atau nasi.


6. Fried Carrot Cake

Makanan ini juga memiliki nama lain Chai tao kway. Makanan ini sebenarnya terdiri dari lobak putih dan tepung beras yang diukus kemudian digoreng dengan telur.


7. Bak Kut Teh

Versi halalnya menggunakan iga daging sapi. Bakut teh disantap dengan nasi dan kadang elemennya ditambah dengan jamur, selada, atau tahu untuk menambah citarasa.


8. Satay

Makanan ini berupa daging ayam yang dipotong – potong dadu kemudian dipanggang atau dibakar. Selain daging ayam, biasanya sate di Singapura juga terbuat dari daging sapi.


9. Roti Prata

Makanan khas Singapura ini merupakan evolusi dari resep panekuk asal Pakistas dan menjadi salah satu makanan favorit di Singapura. Prata berarti roti dadar. Tetapi makanan lebih mirip dengan panekuk yang terbuat dari adonan dengan rasa sedikit manis. Makanan ini sangat cocok untuk menu sarapan.


10. Char Kway Teow

Ini adalah hidangan berupa kwetiau goreng ala Singapura. Kwetiau digoreng di atas wajah dengan api besar bersama tauge, kerang, udang, telur, dan kucai. Biasanya untuk tambahan biasa dimasukkan bakso ikan atau sosis Cina.


Share on Google Plus

About Tiffany D

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar :